Sabtu, 28 Juli 2007

Pengumuman Kelulusan Test Akademik

kemarin siang, Jumat 27 Juli 2007, STPI - Curug mengumumkan hasil test akademik seleksi masuk pendidikan di STPI Curug.
Test ini merupakan tahap satu dari beberapa rangkaian test, sebelum seseorang diijinkan untuk mengikuti diklat di STPI. rangkaian test yang masih harus diikuti antara lain adalah :
  1. test kesamaptaan, yang akan dilaksanakan tanggal 30 dan 31 Juli 2007
  2. test kesehatan, dilaksanakan tanggal 1 dan 2 Agustus 2007
  3. test wawancara, dilaksanakan tanggal 14 dan 15 Agustus 2007
  4. test kesehatan ke dua (khusus untuk yang mendaftar penerbang), pada awal september
  5. test bakat terbang (khusus penerbang) pada bulan Oktober s.d Desember 2007

Untuk yang non penerbang, mereka akan mulai pendidikan pada pertengahan September 2007, sedang untuk yang mendaftar penerbang, baru akan memulai diklat penerbangnya pada awal Januari 2008.

Yang sangat disesalkan pada kondisi seperti ini adalah, banyaknya orang tua yang mencoba untuk memaksakan kehendak agar putra - putrinya dapat masuk pendidikan di STPI, dengan jalan "apapun", sehingga mereka menjadi sasaran empuk orang - orang yang tidak bertanggung jawab, untuk melakukan penipuan kepada mereka.

Modus operandi orang - orang yang tak bertanggung jawab tersebut adalah mencoba mendekati orang tua calon siswa yang sedang was-was, sambil mengatakan bahwa dirinya mampu membantu putra - putri para pendaftar agar dapat masuk pendidikan di STPI. Tarif yang dikenakan untuk tahun ini, rata - rata antara 20 s.d 50 juta dengan skema pembayaran 2 kali, yaitu separuh di awal dan separuhnya lagi setelah nanti masuk diterima di STPI. Uang tersebut tentu saja "menurut orang itu" akan dibagi-bagi ke beberapa pejabat yang dapat menentukan diterima atau tidaknya seseorang mengikuti pendidikan di STPI.

Mereka (para orang tua) yang percaya dengan kata - kata tersebut, akan segera setuju dengan cara itu dan membayar sejumlah uang sesuai perjanjian, dan tertipulah dia!!!

Sebenarnya, dalam penerimaan taruna di STPI, banyak filter yang masing - masing independen, sehingga peluang kolusi sangat - sangat kecil, kalau toh tidak dapat dikatakan tidak ada. Para penipu tersebut, sebenarnya tidak melakukan apa-apa! mereka hanya menunggu, sekiranya anak yang "coba dibantu" itu pandai, lulus seleksi sesuai dengan bakat kemampuannya, mereka dapat uang sesuai perjanjian, kalau anak itu tidak lulus test masuk, yaaah dia toh tidak kehilangan apapun, malah mungkin dapat uang 50% dari perjanjian, dan membuat berbagai macam alasan yang masuk akal kenapa anak yang "dibantunya" gagal test.

Saya selalu katakan kepada para orang tua pendaftar, hati-hati terhadap modus penipuan yang sangat meyakinkan tersebut. Janganlah kita mencoba memaksakan kehendak, dengan cara - cara yang berlebihan, sehingga dampaknya kita kena tipu cukup besar. Tanamkan pada anak-anak kita keyakinan, bahwa keberhasilan yang membawa nikmat hanya dapat diraih dengan usaha yang baik dan cara - cara yang baik. Pemaksaan kehendak, apalagi dengan sogok - menyogok bukanlah cara yang baik untuk memulai langkah yang baik demi masa depan yang baik. Tuhan pasti akan memberikan kepada kita anugerah kebaikan yang kita usahakan melalui cara - cara yang baik. Salam.

Tidak ada komentar: